Minggu, 23 November 2014

Wow! Di Bandara Kualanamu Akan Dibangun Disneyland


PT Angkasa Pura II (Persero) berencana mengembangkan Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara, menjadi kawasan komersial berkonsep aerotropolis atau airport city.
Artinya area di sekitar bandara akan dirancang untuk menjadi area bisnis terpadu. Perusahaan pelat merah ini bahkan memasukkan rencana menggandeng perusahaan hiburan dunia, Disneyland, untuk dibangun di area Bandara Kualanamu.


“Yang kita rencanakan bangun airport city. Di dalam tanah yang dimiliki AP II akan dibangun area golf. Kita juga kaji bikin Disneyland. Ini akan menjadi segitiga emas. Di Singapura ada Universal Studio dan Malaysia ada Legoland. Jadi nanti nggak perlu ke Hong Kong kalau mau ke Disneyland,” kata Direktur Pengembangan Kebandarudaraan dan Teknologi AP II, Salahudin Rafi, seperti dikutip dari detik.com, pada acara transportasi CENS UI ke 12 di Nine Ballroom UOB Plaza Jakarta, Rabu (19/11/2014).
Rafi mengatakan, operator bandara itu sudah menghubungi pihak Disney terkait rencana pengembangan area Bandara Kualanamu tersebut. Kedua pelah pihak masih akan duduk bersama untuk mematangkan rencana tersebut.
“Kita sudah hubungi dan mau duduk dengan mereka. Wilayah yang sediakan sekitar 80-an hektar,” jelasnya.


Pembangunan Disneyland di Indonesia sejalan dengan kebijakan Kementerian Pariwisata yang menambahkan 5 negara di luar ASEAN untuk program bebas visa.
Untuk mendukung rencana ini, AP II bersama kepala daerah di sekitar Kuala Namu mengusulkan pengesahan Rancangan Umum Tata Ruang (RUTR) dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) konsep airport city di Bandara Kualanamu kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang.
Usulan ini harus disahkan karena belajar dari kasus Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang area pengembangannya terhambat oleh rusaknya RUTR dan RTRW sebab pemerintah daerah memberi izin mendirikan rumah hingga pabrik di area yang menjadi lokasi pengembangan bandara.
Penetapan RUTR dan RTRW ini ditanyakan juga oleh para investor. “Mereka nanti investasi besar, terus tiba-tiba bisa digusur,” jelasnya.
Pengembangan airport city di area Kuala Namu sejalan dengan penetapan bandara tersebut menjadi salah satu bandara di Indonesia yang melayani penerbangan ASEAN Open Sky di akhir 2015.

0 komentar:

Posting Komentar

selamat datang diblog itucerita,yuk bergabung bersama kami agen poker "itupoker dan domino qq" agen judi online terbesar dan terpercaya minimal deposit 15 ribu dan minimal withdraw 50 ribu dan proses depo serta wd hanya 3 menit,bonus jackpot dan referal seumur hidup...tunggu apa lagi,yuk buruan ^^